Silahkan menjelajah isi Blog ini ( peeweeisme.blogspot.com ) Mulailah hidup sehat dengan berolahraga ( peeweeisme.blogspot.com ) Semoga bermanfaat n Terimah kasih ( peeweeisme.blogspot.com )

Jumat, 07 Januari 2011

Pentingnya konsentrasi dalam olahraga


      Dalam olahraga khususnya olahraga prestasi terdapat sebuah faktor psikis yang sangat penting, yang dapat menunjang ataupun menghambat prestasi atlet. Unsur psikis yang ada dalam jiwa ibarat setir yang mengatur, mengarahkan, dan mengkoordinasi gambaran-gambaran menjadi tingkah laku, oleh karena itu usaha fisik yang baik tidak mampu di aktualisasikan dengan baik tanpa adanya unsur psikis dalam jiwa  seseorang.

     Olahraga prestasi menuntut ketajaman menganalisa, kecepatan berpikir dan kecepatan bertindak disamping masalah teknik lainya untuk memperoleh kemenangan dalam pertandingan. Suatu contoh permainan bola voli, tosser harus yang tepat sehingga dapat sesuai dengan tujuan kita, oleh karenanya diperlukan konsentrasi dalam pertandingan.

     Konsentrasi sering menjadi faktor penentu dalam kompetisi para atlet. Konsentrasi adalah perhatian yang terpusat pada suatu obyek untuk jangka waktu tertentu . Dalam olahraga biasanya tidak terlalu lama atau terus menerus, namun demikian aspek konsentrasi merupakan aspek yang sangat dominan dan berpengaruh besar dalam prestasi. Konsentrasi merupakan kemampuan untuk mengesampingkan faktor-faktor luar yang mungkin bisa mengganggu terlaksananya suatu tindakan tertentu juga merupakan kemampuan memusatkan pikiran sepenuhnya untuk suatu tugas atau pekerjaan. Konsentrasi berperan terhadap keakuratan pukulan atau ketepatan tendangan, keras lemahnya sentuhan dan ketepatan dalam pengambilan setiap keputusan. Kemampuan konsentrasi yang baik membuat atlet mempunyai ketajaman dalam menganalisa, kecepatan dalam berfikir, kecepatan dalam bertindak, sebaliknya pemain yang kurang berkonsentrasi akan menyebabkan lamban dalam menganalisa dan mengambil keputusan, kesalahan dalam melakukan operan yang kurang akurat dan lain sebagainya. Konsentrasi merupakan kemampuan yang sangat penting agar perhatian menjadi terpusat terhadap permainan dengan berbagai liku-likunya, serta terhadap taktik atau strategi untuk bermain sebaik-baiknya.
     Dalam pemeriksaan psikologis mengenai intelegensi melalui beberapa alat tes, aspek konsentrasi merupakan yang paling memberikan gambaran mengenai keadaan intelegensi seseorang secara keseluruhan. Hal ini berarti konsentrasi yang berhubunagn dengan kemampuan memusatkan perhatian dalam jangka waktu yang lama akan memberikan pengaruh positif dalam mempersepsikan suatu rangsang, mengolah rangsang-rangsang  tersebut lalu selanjutnya mengambil kesimpulan semakin besar kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas atau kegiatan konsentrasi semakin besar pula kemampuan dalam kemampuan untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan proses berpikirnya. Untuk mengetahui tingkat konsentrasi dapat dilakukan dengan berbagai macam tes, salah satunya adalah Random Number.

Untuk cara tes konsentrasi dengan Random Number bisa di download disini atau di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts