Silahkan menjelajah isi Blog ini ( peeweeisme.blogspot.com ) Mulailah hidup sehat dengan berolahraga ( peeweeisme.blogspot.com ) Semoga bermanfaat n Terimah kasih ( peeweeisme.blogspot.com )

Jumat, 07 Januari 2011

Tips n Trik Sebelum Bertanding

Saat mengikuti sebuah pertandingan olahraga tentunya kita ingin supaya kita bisa menampilkan semaksimal mungkin kemampuan kita. Tentunya tidak mudah untuk melakukan hal tersebut. Ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang dalam setiap pertandingan, yaitu faktor fisik n faktor mental.

Kondisi fisik merupakan faktor utama yang harus di perhatikan. Dengan kondisi fisik yang baik tentunya kita akan lebih medah untuk mendapatkan prestasi dalam olahraga, sedangkan kondisi fisik yang buruk akan dapat merusak penampilan kita dalam setiap pertandingan. Banyak sekali orang di luar sana yang ingin memaksimalkan penampilanya  dengan cara-cara yang kurang benar. misalnya megkonsumsi makan-makanan sesaat sebelum bertanding, misalnya : telur, minuman energi n lain2 !!!. Sebenarnya mereka mempunyai tujuan yang benar yaitu ingin menyimpan n mendapatkan energi yang besar saat bertanding sehingga mereka dapat tampil dengan maksimal. Makanan seperti telur merupakan sumber protein , tentunya protein yang masuk dalam tubuh tidak akan dicerna dengan cepat, untuk mencernanya pun di butuhkan energi yang tersimpan dalam tubuh. nah...jika semakin banyak mengkonsumsi makanan sebelum pertandingan maka sesaat tubuh akan terasah letih atau lemas n ngantuk. karena energi yang seharusnya di gunakan untuk bertanding malah di gunakan untuk mencerna makanan. oleh karena itu biasanya saat kita kekenyangan saat makan kita cenderung merasa ngantuk karena energi seharusnya di kirim ke otak sebagian di gunakan untuk proses pencernaan. Tapi saat kita bangun kita akan merasa lebih segar n semangat.

kenapa demikian ?????

Nahh..
Saat tidur metabolisme tubuh akan berjalan dengan sempurna, semua makanan yang kita makan tadi tentunya telah dicerna dengan baik oleh tubuh n menghasilkan cadangan energi yang banyak dalam tubuh. Hal ini pun bisa di terapkan saat kita bertanding. kita hendaknya tidak makan makanan sesaat sebelum bertanding tetapi memakannya beberapa jam sebelum pertandingan di mulai. Sekitar 4-6 jam sebelum pertandingan di mulai waktu yang tepat untuk membuat cadangan energi dalam tubuh. sebelum pertandingan sebaiknya hanya minum air putih saja untuk menjaga cairan tubuh n menjaga suhu tubuh.

Faktor mental pun sangat berpengaruh dalam setiap pertandingan, kesiapan secara mental dalam pertandingan akan dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Biasanya untuk menyiapkan mental dengan menggunakan mental imagery. Ini biasanya dilakukan oleh para atlet profesional. Secara garis besar cara melakukanya adalah sebagai berikut : Duduk atau berbaring rileks, mata dipejamkan, membayangkan pertandingan yang akan dilakukan, membayangkan gerakan-gerakan yang benar saat bertanding nanti, membayangkan kemungkinan yang terjadi saat pertandingan. dll.
mental imagery memang kelihatanya sangat sepele tetapi hal ini sangat penting dalam menentukan kesiapan mental dalam setiap pertandingan.

Semoga bermanfaat...... !!!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Posts