Silahkan menjelajah isi Blog ini ( peeweeisme.blogspot.com ) Mulailah hidup sehat dengan berolahraga ( peeweeisme.blogspot.com ) Semoga bermanfaat n Terimah kasih ( peeweeisme.blogspot.com )

Jumat, 11 Maret 2011

Penyebab Orang Mati Mendadak Saat Olahraga


     Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk kesehatan jantung kita. Secara teori saat kita berolahraga jantung akan memompa darah lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan organ atau bagian tubuh yang sedang berkatifitas, hal ini akan membuat peredaran darah kita semakin lancar dan menaikan suhu tubuh kita sehingga kita akan mengeluarkan keringat untuk menyeimbangkan suhu tubuh kita.

Terus mengapa kita sering mendengar banyak orang yang mati mendadak saat olahraga ???

     Kejadian ini sebagian besar terjadi pada lansia atau umur 50 tahun keatas, tapi tidak jarang juga orang yang masih muda/produktif meninggal mendadak saat olahraga. Para lansia mempunyai resiko lebih besar karena pengaruh dari kondisi jantung yang sudah tua. Kesalahan dalam berolahraga merupakan penyebab utama terjadinya hal ini. Banyak orang2 yang meremehkan tentang olahraga, mereka hanya melakukan olahraga sampe puas tanpa memperhitungkan resikonya.

Bagaimana Prosesnya ??

     Jantung manusia dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memompa darah keseluruh tubuh, apabila terjadi kesalahan sedikit saja pada jantung kita akan berakibat terhadap seluruh metabolisme dalam tubuh kita. Jantung bukanlah organ yang dapat digerakan secara sadar, tapi jantung akan bergerak secara tak sadar sesuai dengan kondisi tubuh. Saat kita rileks/istirahat jantung akan bekerja secara stabil dan saat beraktifitas jantung akan beraktifitas sesuai dengan intensitas aktifitasnya. Jantungpun butuh adaptasi untuk memompa darah yaitu mulai dari aktivfitas stabil, sedang sampai tinggi. Apabila tubuh melakukan aktifitas yang berat jantung akan segera menyesuaikannya, tetapi jantung pasti mempunyai kemampuan maksimal. Jika tubuh tiba2 melakukan aktifitas yang berat secara mendadak jantung akan kerepotan untuk beradaptasi.
     Nahh...
Pada sebagian besar kasus kematian saat olahraga diakibatakan karena melakukan olahraga dengan intensitas tinggi tanpa melakukan pemanasan, selain itu juga biasanya karena terlalu senang berolahraga sehingga tubuh akan dipaksa untuk terus beraktifitas tanpa memperhtikan kondisi jantung.

Saran !!!!

*Saat berolahraga dengan intensitas berat ( yang tren saat ini Futsal ) tentunya pahami dulu bagaimana kondisi    kita, Jika dalam kondisi kurang it lebih baik istirahat saja.
*Lakukanlah pemanasan sebelum berolahraga karena hal ini sangat penting untuk kestabilan tubuh kita saat berolahraga
*Jangan dipaksakan jika memang sudah capek, Tandanya : Pusing, Pandangan agak kabur, Terasa sakit di dada sebelah kiri. Apabila merasa salah satunya lebih baik segera istirahat karena hal itu menunjukan jantung kita sudah lelah bekerja dengan intensitas tinggi.

Terimakasih, Semoga bermanfaat !!!

3 komentar:

Adrian Rivaldy mengatakan...

waw..lengkap banget sob infonya.thanks dah sharing,bermanfaat nih buat jaga2.hehe.jangan lupa jga komentar balik di blogku ya(Just for Fun)

Unknown mengatakan...

waah, saya sering nih futsal, heheee

kematian bisa saja terjadi pada siapa saja dan kapan saja, jadi saya harus hati2 yah :D

Unknown mengatakan...

Trimakasih. Saya pernah mengalami kejadian seperti itu..setelah pemanasan cukup bisa main lagi

Posting Komentar

Recent Posts